Project, Restorasi Peugeot 405
shock belakang bocor
Peugeot 405 salah
satu mobil buatan prancis pada taun 1987 dan berhenti produksi pada 1997 di eropa. Mobil ini dikenal karena kenyamanan dan lumayan besar tenaganya, salah satu buktinya mobil ini juara international pikes peak hill climb tahun 1988, yaitu peugeot 405 mi 16 turbo. Tapi itu di lomba
luar negeri, yg gue tau mobil ini nyaman dan larinya lumayan.
Sayangnya pug 405
sti gue bermasalah, gabruk gabruk kalo bahasa gue. Ternyata masalahnya
ada di shock belakang. Shock belakang gue bocor minta diganti (jajan lagi ajaT.T). Setelah ga
tahan dan takut ngerembet ke komponen lain segera gue berangkat nyari shock belakang
mobil ini. Dan untungnya gue dapet shock belakang ori peugeot 405 lelangan dr
toko langgana saya dengan harga yg lumayan murah buat barang ori.
Ga lama gue
nyiapin kunci kunci gue dirumah dan langsung eksekusi
Sebelum mulai tarik rem parkir agar mobil tidak mundur dan berbahaya saat di
angkat. Karna ini shock belakang dan mobil ini penggerak depan pengerjaannya
pun simpel, pertama tama angkat mobil bagian belakang dengan dongkrak, tahan
mobil dengan jackstand, dan jangan lupa kendorkan baut roda.
Setelah mobil
terangkat dan aman, lepas ban dan letakkan di bawah mobil. Setelah ban dilepas
kita bisa mengganti shock yg bocor, shock belakang di tahan dua baut atas
dan bawah. Buka dua baut ini agar shock bisa lepas.
Setelah di buka
bautnya ganjal sedikit shock dengan dongkrak agar dapat lepas dari dudukannya. Bandingkan shock yg baru kita beli pastikan shock lama dan baru tidak ada perbedaan.
Pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran, sebisa mungkin ikuti momen pengencangan dari manual book yang terkecil karena mobil ini tergolong mobil tua. pemasangan shock sisi kanan dan kiri sama saja tidak ada perbedaan. jgn lupa sebelum teman-teman memasang shock yg baru ditekan lalu tarik beberapa kali agar oli shock terpompa sebelum dibebani berat mobil.
Kesan pertama setelah shock diganti serasa mobil yg kemaren gabruk gabruk menjadi mobil eropa beneran. kemarin sudah test drive ke daerah Cepu dari Jakarta, lubang terasa smooth mobil juga menjadi lebih mudah diprediksi tidak mantul mantul. sempat ada kejadian mau nyalip bus ternyata jalanan belok patah jadi harus ngerem dalam tapi mobil serasa kokoh tidak goyang alhamdulillah.
Sekian posting kedua Obeng semoga berguna dan dapat menjadi referensi teman teman dan tidak takut untuk meminang mobil eropa terutama peugeot 405, regards
-Obeng





Komentar
Posting Komentar