Langsung ke konten utama

Restorasi Peugeot 405, shock belakang rembes



Project, Restorasi Peugeot 405

shock belakang bocor


Peugeot 405 salah satu mobil buatan prancis pada taun 1987 dan berhenti produksi pada 1997 di eropa. Mobil ini dikenal karena kenyamanan dan lumayan besar tenaganya, salah satu buktinya mobil ini juara international pikes peak hill climb tahun 1988, yaitu  peugeot 405 mi 16 turbo. Tapi itu di lomba luar negeri, yg gue tau mobil ini nyaman dan larinya lumayan.

Sayangnya pug 405 sti gue bermasalah, gabruk gabruk kalo bahasa gue. Ternyata masalahnya ada di shock belakang. Shock belakang gue bocor minta diganti (jajan lagi ajaT.T). Setelah ga tahan dan takut ngerembet ke komponen lain segera gue berangkat nyari shock belakang mobil ini. Dan untungnya gue dapet shock belakang ori peugeot 405 lelangan dr toko langgana saya dengan harga yg lumayan murah buat barang ori.
 Ga lama gue nyiapin kunci kunci gue dirumah dan langsung eksekusi 


Sebelum mulai tarik rem parkir agar mobil tidak mundur dan berbahaya saat di angkat. Karna ini shock belakang dan mobil ini penggerak depan pengerjaannya pun simpel, pertama tama angkat mobil bagian belakang dengan dongkrak, tahan mobil dengan jackstand, dan jangan lupa kendorkan baut roda. 
Setelah mobil terangkat dan aman, lepas ban dan letakkan di bawah mobil. Setelah ban dilepas kita bisa mengganti shock yg bocor, shock belakang di tahan dua baut atas dan bawah. Buka  dua baut ini agar shock bisa lepas.

Setelah di buka bautnya ganjal sedikit shock dengan dongkrak agar dapat lepas dari dudukannya. Bandingkan shock yg baru kita beli pastikan shock lama dan baru tidak ada perbedaan.
                Pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran, sebisa mungkin ikuti momen pengencangan dari manual book yang terkecil karena mobil ini tergolong mobil tua. pemasangan shock sisi kanan dan kiri sama saja tidak ada perbedaan. jgn lupa sebelum teman-teman memasang shock yg baru ditekan lalu tarik beberapa kali agar oli shock terpompa sebelum dibebani berat mobil.  
                Kesan pertama setelah shock diganti serasa mobil yg kemaren gabruk gabruk menjadi mobil eropa beneran. kemarin sudah test drive ke daerah Cepu dari Jakarta, lubang terasa smooth mobil juga menjadi lebih mudah diprediksi tidak mantul mantul. sempat ada kejadian mau nyalip bus ternyata jalanan belok patah jadi harus ngerem dalam tapi mobil serasa kokoh tidak goyang alhamdulillah. 
                Sekian posting kedua Obeng semoga berguna dan dapat menjadi referensi teman teman dan tidak takut untuk meminang mobil eropa terutama peugeot 405, regards 

-Obeng  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Restorasi Peugeot 405, rem blong

Project, restorasi Peugeot 405 sti                 Tiga bulan yang lalu gue beli mobil peugeot 405 di daerah Pamulang. Kondisi bodynya lumayan cuman   mesin dan kaki kaki perlu di refresh lagi. Kemarin sudh ganti oli, filter oli dan cek rem. Cuman ada sastu PR yang menurut gue perlu di benerin ; Rem blong.                  Penyakitnya gue ga bisa ngerem dengan sekali injekan kadang dua, tiga, lima paling parah nunggu ada motor dulu di depan gue. Penyebab rem blong yg gue tau    1.        Ada udara di dalam sistem   - bleeding 2.        Ada kebocoran pada sistem   - cek komponen 3.        Kerusakan pada master rem – ganti seal atau ganti satu set Mobil ini sudah di bleeding dan di cek apakah ada kebocoran, terny...